Minggu, 12 Desember 2010

"SISTEM PEMROSESAN DATA ELEKTRONIK (BAB 13)"

1. Jelaskan sistem masukan dengan kertas dengan tahapan dan pengendalian ?

a. Penyiapan dan pelengkapan sumber
dokumen dokumen sumber seperti order penjualan, di arsip secara manual. kesalahan kesalahan yang terjadi pada tahap ini dapat di kendalikan dengan meminimalkan dokumen sumber di rancang dengan baik dan mudah di mengerti.

b. Pengiriman dokumen dokumen sumber ke pemrosesan data
total pengendalian batch dan register register pengiriman data merupakan pengendalian dasar dalam pengiriman data dari departement pemakai ke pemrosesan data. penggunaan pengendalian batch atas urutan keseluruhan pemrosesan data masukan-proses---keluaran merupakan dasar dari independensi organisasional.

c.Masukan data
setelah dokumen sumber seperti faktur di terima oleh bagian pemrosesan data, maka akan dilakukan pengetikkan dengan menggunakan komputer personal kemudian di simpan dalam disk.untuk mengurangi biaya verifikasi kunci data masukkan field yang tidak penting seperti nomor pelanggan dan alamt tidak perlu di verifikasi.

d.Pengeditan data program
merupakan tehnik pernagkat lunak yang di gunakan untuk mengecheck kesalahan data sebelum pemrosesan di lakukan. pengeditan data pada tingkat pemrograman merupakan pengendalian atas fungsi verifikasi awal.

2.Jelaskan sistem masukkan tanpa kertas dan tahapan juga pengendalian yang di lakukan?

 a. Sistem masukkan tanpa kertas membutuhkan intevensi manusia.
terdapat banyak sisteme masukan tanpa kertas di mana para pemakai memasukkan secara langsung ke komputer. transaksi yang mellibatkan intervensi manusia umunya di proses melalui dua tahapan: entri data dan adit data, dan transfer ke sistem aplikasi komputer pusat.

b.Sistem tanpa-kertas yang tidak membuthkan keterlibatan manusia
bebrapa sistem, transaksi-transaksi di proses dari awal sampai akhir tanpa kertas manusia: pemrosesan transaksi otomatis secara penuh.

3. Sistem pemrosesan berdasarkan kertas ?

Sistem berdasar-kertas untuk memproses transaksi akan berorientasi-batch. Dalam sistem pemrosesan berorientasi-batch, transaksi transaksi di masukkan ke dalam komputer (seperti di bahas sebelumnya)dalam bentuk batch. batch-batch ini kemudian di proses secara periodik. contoh pemrosesan batch adalah laporan jam mingguan untuk membuat cek pembayaran pemrosesan kelompok cek untuk memutakhirkan file master hutang dagang, dan pemrosesan faktur faktur untuk memutakhirkan file induk piutang dagang.

a.Pemrosesan secara batch dengan pemutakhiran file secara berurutan 
   pemrosesan semacam ini biasanya mencakup tahap tahap berikut ini :

- Penyiapan file transaksi .
- Pemutakhiran file induk.
- Pemutakhiran buku besar.
- Penyiapan laporan buku besar.   

4. Jelaskan sistem pemrosessan berdasarkan tanpa kertas?

Pada sistem pemrosesan tanpa kertas dia itu mirip dengan pemrosesan batch dalam sistem berdasar kertas.
perbedaan utamanya adalah bahwa voucher jurnal di ganti dengan fungsi yang serupa tetapi secara elektronis dan buku besar di mutakhirkan secara otomatis secara periodik.
Keuntungannya, kita dapat melakukan pemrosesan tepat waktu.

5. Jelaskan output atau sistem keluaran dengan kertas ?

Sistem pengendalian dengan kertas di rancang untuk mengecheck  bahwa hasil pemrosesan telah berupa keluaran yang sah dan keluaran tersebut telah di ditribusikan secara memadai. laporan yang harus di telaah secara cermat oleh para penyelia di departement pemakai untuk menjamin kelayakan dan kualitas laporan laporan yang bersangkutan.
total pengendalian harus di sesuaikan dengan total total pengendalian secara independent oleh operasi pemrosesan data. pengecheckan pengeditan data program harus di lakukan terhadap seluruh keluaran hal ini mencegah masalah seperti yang terjadi pada sistem jaminan sosial di mana nomor jaminan sosial secara tidak sengaja dalam filed jumlah nilai uang jaminan sosial.

6. Jelaskan output atau sistem keluaran tanpa kertas ?
Sistem keluaran tanpa kertas cenderung menghasilkan sangat sedikit keluaran. sistem tersebut hampir dapat di katakan sangat cocok untuk perusahaan yang berukuran sangat besar, karena sangat tidak prkatis untuk mencetak keluaran yang mungkin mencakup ratusa, ribuan, atau bahkan jutaan catatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar